BUKIT SEMBALUN

 Panorama Bukit Sembalun

Bukit Nanggi

 

            Bukit Nanggi terletak di Desa Sembalun Bummbung Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Bukit ini memiliki ketinggian 2300 meter di atas permukaan air laut (mdpl) dengan kemiringan sekitar 40 hingga 85 derajat. Untuk menikmati destinasi wisata Bukit Nanggi maka anda bisa masuk melalui jalur pendakian yang telah dibuat oleh pengelola bukit ini. Jalur pendakian Bukit Nanggi terletak sekitar 600 m di sebelah selatan Kompleks Rumah Adat Sembalun Bumbung/Lapangan Umum Sembalun Bumbung. Anda tidak perlu bingung untuk mencari jalur pendakian sebab di pangkal jalur pendakian terdapat papan nama Bukit Nanggi yang dibuat dengan menggunakan bener yang berukuran sangat besar.

 

          Selain lewat jalur di atas, anda juga bisa melalui jalur yang berada di sekitar Rumah Adat Sembalun Bumbung, dimana jika anda datang dari arah Pusuk Sembalun, ketika anda tiba di persimpangan Rumah Adat maka anda harus mengambil arah kanan dan masuk melalui jalan rabat yang berada di sebelah Lapangan Umum Sembalun Bumbung. Teruslah berjalan hingga anda menemukan sungai yang berada di tengah perkampungan Sembalun Bumbung, dari sana anda harus mengambil arah kiri sehingga anda akan menemukan jembatan dari bambu. Dengan demikian maka anda harus meninggalkan kendaraan bermotor dan mulailah anda untuk menapaki track menuju pincak Bukit Nanggi dengan berjalan kaki. Jika anda kebingungan menemukan jalur pendakian ini maka anda tinggal bertanya kepada warga sekitar, insyallah mereka akan memberikan anda informasi lengkap tanpa biaya. Perlu penulis sampaikan bahwa jika anda berangkat dari Kota Mataram menuju Desa Sembalun Bumbung maka anda akan menempuh jaraknya sekitar 90 km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.
          Demi keamanan dan kenyamanan perjalanan wisata anda maka anda harus membeli tiket masuk areal wisata Bukit Nanggi. Harga tikrt masuknya tidak mahal kok, cumin Rp. 10.000,-/orang, murah banget kawan. Hanya dengan uang Rp. 10.000,- anda mendapatkan destinasi yang luar biasa dan tidak akan pernah anda temukan di tempat lainnya. Oleh karena itu, ayo langkahkan kaki anda menuju puncak Bukit Nanggi Sembalun Bumbung dan nikmatilah destinasi wisata yang ditawarkan oleh areal wisata soft treacking yang satu ini. Tiket masuk track pendakian dapat anda beli pada pengelola Bukit Nanggi yang stay di pangkal jalur pendakian.
          Alat transportasi yang anda bawa (speda motor ataupun mobil) dapat anda titipkan pada rumah warga yang sudah diberikan tanda sebagai tempat parkir oleh pengelola wisata Bukit Nanggi dan yakinlah bahwa kendaraan anda dijamin kemanannya hingga anda kembali dari puncak bukit itu. Untuk satu sepeda motor ditarik bajet sebesar Rp. 10.000,-/malam. Di sekitar areal wisata ini juga terdapat tempat penyewaan tenda, oleh sebab itu anda tidak pelu khawatir jika anda tidak membaw tenda dari rumah sebab anda bisa menyewa tenda pada tempat-tempet penyewaan tenda yang ada di sekitar areal wisata ini. Oya, untuk satu tenda disewakan dengan harga Rp. 100.000,-/malam.

Bukit Anak Dara


           Bukit Anak Dara tergolong bukit yang baru dijamah oleh manusia, atau masih tergolong ting-ting dengan tawaran pesona yang sangat lengkap. Sering digadang-gadang sebagai bukit yang terindah dan mampu menciptakan kenangan yang sulit untuk dilupakan. Dan memang itulah keadaan sesungguhnya Bukit Anak Dara. Sekeliling tempat yang dapat dijangkau pandangan, dan segala sudutnya menyajikan panorama alam yang benar-benar menakjubkan. Bukit dengan hanya 1.921 mdpl ini memang tidak semudah mendaki beberapa bukit yang lebih rendah dan relatif dekat dengan pemukiman penduduk. Namun semua rasa penat dan jerih payah selama perjalanan akan segera terobati sesampainya di atas punggung bukit.

         Menurut cerita para leluhur masyarakat Sembalun bukit ini dinamakan Bukit Anak Dara karena konon masih dijaga oleh dua orang dara cantik. Sebagaimana diyakini oleh para leluhur bahwa Gunung Rinjani dijaga oleh seorang ratu jin cantik bernama “Dewi Anjani”, maka kemungkinan penjaga bukit ini adalah dua putri murid dari Dewi Anjani. Itulah pula sebabnya bukit ini “disegani” dan baru mulai dikunjungi. Bukitini berada tepat di sebelah timur desa Sembalun Lawang. Agar pendakian bukit lebih mudah, secara bertahap jalur menuju bukit sedang ditata untuk selanjutnya dipromosikan untuk lokasi kunjungan wisata yang eksotik di des Sembalun.

        Pesona yang dijanjikan Bukit Anak Dara cukup beragam, mulai ketika melemparkan pandangan ke sebelah timur. Disana pengunjung akan disapa dengan ramah oleh hamparan hutan belantara yang hijau bak permadani raksasa dan sangat menyejukkan mata.Jika menatap arah timur di pagi hari, dari bukit ini pengunjung akan disapa oleh hangatnya mentari dengan sunrise yang sempurna. Ketika pandangan dari puncak Bukit Anak Dara kita arahkan ke selatan barat, pengunjung bisa menikmati keindahan view sudut-sudut desa Sembalun. Deretan rumah penduduk yang berpadu dengan persawahan dan perkebunan petani menyajikan hamparan hijau menguning dengan keindahan melebihi hasil kesaktian kanvas pelukis ternama.

Bukit Dandaun

           Bukit Dandaun yang relatif rendah dengan ketinggiannya yaitu sekitar 1585 mdpl ini memang terasa lebih cocok untuk melakukan pendakian bersama keluarga, mulai dari anak, istri, adik, kakak, paman, bibi atau apapun namanya. Berhubung jalur pendakian yang tidak terlalu ekstrim dan pendek jika dibandingkan dengan bukit-bukit lainnya yang ada di Sembalun. untuk menuju kanji ditempuh dengan berjalan kaki 2 – 3 jam berjalan kaki dari sembalun lawang, melawati bukit dan beberapa pesawahan hijau,di pinggir tanah lapang terdapat hutan dengan pohon-pohon tua yang sudah berumur ratusan tahun yang diatas pohon tersebut tumbuh 322 jenis anggrek hutan , wah sungguh luar biasa dan mengesankan.

Bukit Pergasingan

           Bukit dengan ketinggian 1700 mdpl ini, Gunung Rinjani terlihat kokoh berada di dekatnya.Bukit Pergasingan ini letaknya tak jauh dari Gunung Rinnjani, tepatnya berada di Desa Sembalun, Lombok Timur. Jika kalian ingin menuju kebukit ini, waktu yang ditempuh untuk menuju Desa Sembalun dari Kota Mataram sendiri bisa ditempuh selama sekitar 2-3 jam.
           Sesampainya disana, kalian akan disambut tulisan “Selamat Datang di Kawasan Wisata Bukit Pergasingan”. Tak berapa lama dari pintu masuk tadi, baru titik pendakian ke Bukit Pergasingan dimulai.
Pendakian tak sesulit seperti pendakian di gunung, meskipun kalian harus tetap berhati-hati ketika naik. Menuju puncak bukit, kalian akan dimudahkan dengan keberadaan anak tangga yang berjumlah ratusan buah, baru kemudian mendaki melewati jalur tanah berbatu. Berhati-hatilah, karena jalur dengan kemiringan berkisar 60-70 derajat akan menyambut kalian dengan penuh tantangan.
 Untuk memulai petualangan di Bukit Pergasingan, kalian nanti harus membayar tiket masuk sebesar IDR 15.000 kepada pengelola Bukit Pergasingan. Tiketnya nggak terlalu mahal, apalagi hasil dari penjualan tiket akan digunakan dengan bermanfaat.

Bukit Selong

           Bukit Selong adalah salah satu bukit yang mengelilingi Desa Sembalun. Bukit Selong hanya di depan gunung Rinjani (3726 ASL). di musim panas, bukit Selong adalah tempat yang sangat baik untuk berburu sunset dan melihat matahari terbenam yang indah dari atas bukit. ketinggian 1800 meter di atas permukaan laut adalah tempat yang sangat ideal untuk melihat matahari terbenam dan sekitar. tidak hanya matahari terbenam untuk dinikmati, tapi pandangan dari sawah yang tampaknya secara teratur untuk menyesuaikan warna dengan musim.
          Terutama di musim panas pada bulan Juni, Juli dan Agustus, tempat ini menjadi lokasi yang paling baik untuk melihat matahari terbenam. sunset dilihat dari munculnya awal hingga tenggelam di tengah-tengah pantai. ada sedikit tempat di mana kita bisa melihat sunset tenggelam di pantai di Sembalun. Jika Anda tertarik untuk berburu sunset di 1800 ASL.


Sumber :  http://thebluerinjani.blogspot.co.id/2014/05/gunung-selong.html
                http://liburmulu.com/wisata-baru-lombok-bukit-pergasingan/


Komentar