Panorama Sembalun

      
 


  SEJARAH SEMBALUN

           Sembalun merupakan salah satu darah tertua dari 13 desa tertua yang ada di pulau Lombok selain dari desa Bayan , Bebekeq, Medayin, Kedaro, Batudengdeng, Selaparang, suradadai, Benoa, Pejaggik, Jerowaru, Langko dan Peraya. Kata sembalun sesungguhnya berasal dari bahasa jawa kuno yang terdiri dari dua suku kata yakni kata “ SEMBAH” dan “ULUN” kata Sembah mengandung makna menyembah/menyerah diri/mematuhi/taat, dan Ulun , dari kata dasar Ulu yang berarti kepala / atas / atasan / pemimpin.makna lain yang terkandung dari kata sembahulun adalah :i orang sembalun berkewajiban untuk menyembah kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai pencipta dan pemelihara alam dan manusia wajib mentaati segala ketentuan – ketenuan kepercayaan yang di anut, setiap orang sembahulun wajib mentaati dan memeatuhi pemimpin – pemimpinnya, bahwa setiap orang sembahulun mempunyai kewajiban untuk selalu taat kepada adat leluhurnya selain taat kepada Yang Maha Esa dan kepada Pemimpinnya .
              Pada mulanya sembalun sesungguhnya sudah di diami oleh sekelompok manusia yang menganut faham animisme . keyakinan inilah pertama – tama dianut oleh mereka yang mendiami gumi Sembahulun. Pada akhir abad ke 14 semasa selaparang hindu, ketika gunung rinjani meletus, pemimpin mereka memerintahkan pendududk meningalkan sembalun untuk mengindari aliran lava panas yang sangat dahsyat.

LOKASI

              Kecamatan Sembalun merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Lombok Timur yang memiliki luas wilayah 217,08 Km2, terdiri dari 6 desa yaitu Desa Sembalun Bumbung, Desa Sembalun Lawang, Desa Sajang, Desa Bilok Petung, Desa Sembalun, dan Desa Sembalun Timba Gading. Secara geografis Kecamatan Sembalun di sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Sambelia, di sebelah selatan berbatasan dengan Aikmel dan Pringgasela, di sebelah barat dengan Kabupaten Lombok Barat sedangkan di sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Pringgabaya.
             Ibukota Kecamatan Sembalun berada di Desa Sembalun Lawang, yang berjarak sekitar 45 km dari ibukota Kabupaten Lombok Timur ( Selong ). Desa Sembalun Bumbung memiliki wilayah terluas yaitu 57,97 Km2 atau sekitar 26,70 % dari keseluruhan luas wilayah Kecamatan Sembalun, dan yang tekecil adalah Desa Sembalun Timba Gading dengan luas 15,76 Km2 .
             Desa-desa yang berada di Kecamatan Sembalun memiliki ketinggian yang bervariasi antara 800 hingga    1.200 meter diatas permukaan laut. Jarak tempuh tiap desa ke ibukota kecamatan relatif dekat, jarak yang paling jauh yaitu dari Desa Sajang dan Desa Bilok Petung yang mencapai 6 km dan 15 km. Sedangkan jarak terdekat ke ibu kota kecamatan adalah Desa Sembalun yaitu 0.025 km (25 m), karena kantor kecamatan ada di dasa tersebut.
             Jumlah penduduk Kecamatan Sembalun keadaan pertengahan tahun 2012 mencapai 19.051 jiwa. Jumlah penduduk perempuan lebih banyak yaitu 9.861 jiwa, sedangkan penduduk laki-laki sebanyak 9.190 jiwa.
Untuk sampai kesana, kita bisa menggunakan sepeda motor atau mobil. dan dapat di tempuh dalam jangka waktu 1,5 jam dari Masbagik.  Untuk keadaan jalannya sendiri penuh dengan tikungan tajam karena kita melintasi taman wisata rinjani, yang dipenuhi pepohonan yang menjadikan udaranya sejuk walaupun dibawah terik matahari.

 Pergasingan

             Bukit Pergasingan, tepat berada di Desa Sembalun, Lombok Timur, dengan ketinggian 1700an mdpl, menawarkan solusi alternatif buat kalian yang pengen naik gunung saat Rinjani ditutup. Mendaki kurang lebih 3 jam kalian sudah bisa menikmati panorama menakjubkan Desa Sembalun dengan Puncak Rinjani sebagai backgroundnya.

            Pergasingan berasal dari asal kata Gasing, merupakan sebuah benda permainan tradisional yang diputar dengan menggunakan tali disebut (sembalun: Alit), karena diyakini oleh masyarakat Sembalun bahwa pada zaman dahulu tokoh-tokoh terkenal pada masa itu suka berlomba main gasing di puncak gunung yang datar ini. Kegiatan ini rutin mereka lakukan sebagai ajang olahraga atau kepintaran main gasing diantara mereka.

Air Terjun Mangku Sakti



Air terjun mangku sakti merupakan satu satunya air terjun yang mengalir langsung dari gunung Rinjani yang ada di Lombok Timur, tepatnya di desa sajang sembalun yang belum banyak di ketahui oleh warga lombok sendiri.Air terjun ini masih sangat alami menjadi salah satu alasan kami mengangkat objek wisata tersebut agar lebih banyak di kenal oleh masyarakat lokal, nasional maupun internasional. Begitu juga dengan pemerintah setempat agar lebih memperhatikan akses jalan menuju Air Terjun Mangku Sakti tersebut beserta sarana dan prasarananya sehingga pengunjung bisa lebih nyaman dan aman.

Sumber :  https://sembalunrinjanilombok.wordpress.com/
               https://sembalunrinjanilombok.wordpress.com/sembalun-dari-masa-kemasa/
               https://www.google.com/search?q=air+terjun+mangku+sakti&tbm=isch&tbo=u&source=univ&sa=X&ved=0ahUKEwjUl-e1nPLOAhUBv48KHYGkBpkQ7AkIKg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUKIT SEMBALUN